Improving Student Learning Outcomes Through the Utilization of Flash Card Learning Media in Islamic Religious Subjects at SD Negeri 0201 Binanga

Authors

  • Yunita Efliana Saragih , SD Negeri 0201 Binaga
  • Erma Yanti Harahap SD Negeri 0209 Bahal Batu

DOI:

https://doi.org/10.62945/etnopedagogi.v1i1.590

Keywords:

Flash Card, Learning Outcomes, Learning, Elementary School

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pemanfaatan media pembelajaran Flash Card dalam meningkatkan hasil beajar siswa pada materi Aku Tahu Huruf Hijaiyah di SD Negeri 0201 Binanga. Flash Card merupakan salah satu media pembelajaran berupa kartu kecil yang berisi gambar, teks, atau tanda simbol yang mengingatkan atau menuntun siswa kepada sesuatu yang berhubungan dengan gambar itu Dalam konteks pembelajaran materi Aku Tahu Huruf Hijaiyah di sekolah dasar, menggunakan media flash card akan lebih mudah melatih anak-anak untuk mengenal huruf hijaiyah, membaca huruf hijaiyah, dan dapat meningkatkan kemampuan membedakan masing-masing huruf hijaiyah pada siswa sehingga siswa dapat belajar secara bertahap dan lebih efektif. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan wawancara untuk menilai perkembangan pemahaman siswa sebelum dan sesudah penerapan media pembelajaran Flash Card.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Flash Card dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada materi Aku Tahu Huruf Hijaiyah terbukti memiliki dampak positif yang siginifikan. Pemanfaatan media pembelajaran Flash Card  secara berkelanjutan dinilai dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya dalam materi yang berkaitan dengan kemampuan mengingat siswa. Oleh karena itu, metode ini dapat menjadi alternatif pembelajaran yang efektif di tingkat sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Bandung: Rineka Cipta.

Dasopang, M. D., Lubis, A. H., & Dasopang, H. R. (2022). How do Millennial Parents Internalize Islamic Values in Their Early Childhood in the Digital Era? AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 697–708.

Dasopang, M. D., Nasution, I. F. A., & Lubis, A. H. (2023). The Role of Religious and Cultural Education as A Resolution of Radicalism Conflict in Sibolga Community. HTS Theological Studies, 79(1), 1–7.

Erawadi, E., Hamka, H., & Juliana, F. (2017). The Analysis of Student’s Stressed Syllables Mastery at Sixth Semester of TBI in IAIN Padangsidimpuan. English Education: English Journal for Teaching and Learning, 5(1), 44–57.

Fatimah, A., & Maryani, K. (2018). Visual Literasi Media Pembelajaran Buku Cerita Anak. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–69. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.16212

Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004–1015.

Hamka, H. (2023). The Role of Principals on Teacher Performance Improvement in a Suburban School. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 15(1), 371–380.

Hamka, H., Suen, M.-W., Anganthi, N. R. N., Haq, A. H. B., & Prasetyo, B. (2023). The Effectiveness of Gratitude Intervention in Reducing Negative Emotions in Sexual Abuse Victims. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(2), 227–240.

Harahap, S. M., & Hamka, H. (2023). Investigating the Roles of Philosophy, Culture, Language and Islam in Angkola’s Local Wisdom of ‘Dalihan Na Tolu.’ HTS Teologiese Studies/Theological Studies, 79(1), 8164.

Hendrawati, S., Rosidin, U., & Astiani, S. (2020). Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) siswa/siswi di sekolah menengah pertama negeri (SMPN). Jurnal Perawat Indonesia, 4(1), 295–307. https://doi.org/https://doi.org/10.32584/jpi.v4i1.454

Lubis, A. H. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar melalui Model Cooperative Learning Tipe Numered Heads Together. FORUM PAEDAGOGIK, 11(2), 127–143.

Lubis, A. H. (2023). The Interactive Multimedia Based on Theo-Centric Approach as Learning Media during the Covid-19 Pandemic. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 12(2), 210–222.

Lubis, A. H., & Dasopang, M. D. (2020). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Augmented Reality untuk Mengakomodasi Generasi Z. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 780–791.

Lubis, A. H., Dasopang, M. D., Ramadhini, F., & Dalimunthe, E. M. (2022). Augmented Reality Pictorial Storybook: How does It Influence on Elementary School Mathematics Anxiety? Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 12(1), 41–53.

Lubis, A. H., & Wangid, M. N. (2019). Augmented Reality-assisted Pictorial Storybook: Media to Enhance Discipline Character of Primary School Students. Mimbar Sekolah Dasar, 6(1), 11–20. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v6i1.16415

Lubis, A. H., Yusup, F., Dasopang, M. D., & Januariyansah, S. (2021). Effectivity of Interactive Multimedia with Theocentric Approach to the Analytical Thinking Skills of Elementary School Students in Science Learning. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 11(2), 215–226.

Manshur, U., & Ramdlani, M. (2019). Media audio visual dalam pembelajaran PAI. Al-Murabbi:Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 1–8.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.

Ningsih, Y. S., Mulia, M., & Lubis, A. H. (2023). Development of Picture Storybooks with TheoAnthropoEco Centric Approach for Elementary School Students. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1888–1903.

Nurhidayah, I., Asifah, L., & Rosidin, U. (2021). Pengetahuan , Sikap dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa Sekolah Dasar. 13(1), 61–71. https://doi.org/10.32528/ijhs.v13i1.4864

Pebtiyanti, I., Ahmad, A., Dzaky, M., Fauziah, S. N., Rendi, & Puspitasari, P. (2023). Peran kurikulum merdeka dalam meningkatkan harmonisasi antara masyarakat dan sekolah. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 3(1), 269–277. https://doi.org/https://doi.org/10.22021/pacu.v3i1.411

Rahmah, S., & Lubis, A. H. (2024). Problem Posing as a Learning Model to Improve Primary School Students’ Mathematics Learning Outcomes in Gayo Lues. Journal of Indonesian Primary School, 1(4), 93–104.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Ranisa, R., Erawadi, E., & Hamka, H. (2018). Students’ Mastery in Identifying Adverbs at Grade VIII SMPN 2 Batang Toru Tapanuli Selatan. ENGLISH EDUCATION JOURNAL: English Journal for Teaching and Learning, 6(2), 241–252.

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 2(2), 188–201.

Santi, Undang, & Kasja. (2023). Peran Guru PAI dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 16078–16084. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8918

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Saragih, Y. E., & Harahap, E. Y. (2024). Improving Student Learning Outcomes Through the Utilization of Flash Card Learning Media in Islamic Religious Subjects at SD Negeri 0201 Binanga. ETNOPEDAGOGI: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(1), 170–181. https://doi.org/10.62945/etnopedagogi.v1i1.590