Digitalisasi Pendidikan: Peran Ikatan Pelajar Muhammadiyah dalam Mendukung Literasi Digital Melalui Pelatihan Desain Grafis Bagi Pelajar di Pangkalan Brandan

Authors

  • Thalitha Attahara Universitas Malikussaleh
  • Azra Maulida Zein

Keywords:

Literasi digital, ikatan pelajar muhammadiyah, desain grafis

Abstract

Pendidikan menjadi gerbang utama dalam pembentukan generasi unggul menuju Indonesia emas 2045. Seiring perkembangan zaman, dunia pendidikan juga kian berinovasi. Era ini, pendidikan tidak lepas dari canggihnya teknologi. Sehingga, teknologi pendidikan membuka peluang baru untuk mengakses pengetahuan, meningkatkan keterlibatan siswa, dan merangsang kreativitas. Transformasi ini menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih dinamis, inklusif, dan responsif terhadap kebutuhan individual siswa. Pengabdian masyarakat ini memiliki dua tujuan yakni, 1) Mengenalkan pelajar kepada teknologi pendidikan dan 2) Melatih skill pelajar di pangkalan brandan guna mendukung literasi digital. Metode pada pengabdian ini memiliki dua tahapan yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari. Hasil dari pengabdian ini adalah peserta pelajar sudah mengenal aplikasi desain yang mendukung pembelajaran. Selain itu, peserta mulai terbiasa menggunakan tools yang tersedia di aplikasi desain dibuktikan dengan poster-poster dan mockup kemasan yang dihasilkan oleh peserta selama pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Demmanggasa, Y., Sabilaturrizqi, M. K., Mardikawati, B., Ramli, A., & Arifin, N. Y. (2023). Digitalisasi Pendidikan Akselerasi Literasi Digital Pelajar Melalui Eksplorasi Teknologi Pendidikan. Communnity Development Journal, 4(5), 1115811167. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/22045

Hartinah, S., Patimah, L., Faruk, A., Zulkarnain, F., Mardikawati, B., & Prastawa, S. (2024). Inovasi Pendidikan Berkarakter Menciptakan Generasi Emas 2045. Journal on Education, 06(02), 1323013237.

Heriyanto, H., & Agustianto, R. (2020). Peran Pemerintah Dalam Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Olah Raga Pada Akademi Sepak Bola Sekayu (Sysa) Kabupaten Musi Banyuasin. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 7(3), 402411.

Meilinda, N., Malinda, F., & Aisyah, S. M. (2020). Literasi Digital Pada Remaja Digital (Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Bagi Pelajar Sekolah Menengah Atas). Jurnal Abdimas Mandiri, 4(1), 6269. https://doi.org/10.36982/jam.v4i1.1047

Putra, M. E., Supriadi, & Fatwa, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kahoot pada Studi Kerja Dasar Kelas X Teknik Otomotif SMKS Hasanah Pekanbaru. JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research, 4(3), 377383. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14699%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/download/14699/12251

Satyadiningrat, L. M. W., & Hasanah, P. (2024). Pelatihan Desain Berbasis Canva dalam Upaya Pengembangan Kreativitas Pelajar di Kawasan Rt 05 Balikpapan Selatan. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 5(1), 103107.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Thalitha Attahara, & Zein, A. M. (2024). Digitalisasi Pendidikan: Peran Ikatan Pelajar Muhammadiyah dalam Mendukung Literasi Digital Melalui Pelatihan Desain Grafis Bagi Pelajar di Pangkalan Brandan. PUSAKA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 22–28. Retrieved from https://journal.mgedukasia.or.id/index.php/pusaka/article/view/122