Pendampingan Proses Produk Halal UMKM di Aceh Utara

Authors

  • Islami Fatwa Universitas Malikussaleh
  • rahmah nursada Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.62945/pusaka.v1i1.32

Keywords:

produk halal, entrepreneurship, usaha mikro kecil menengah, umkm

Abstract

Aceh Utara merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Aceh. Sektor UMKM di kabupaten ini sedang berkembang pesat, terutama pada industri makanan dan minuman. Mayoritas penduduk melakukan usaha sebagai pekerjaan sampingan jika pendapatan dari penangkapan ikan tidak mencukupi kebutuhan pokoknya. Mendirikan wirausaha mandiri dipandang sebagai pilihan yang menguntungkan masyarakat. Kewirausahaan merupakan profesi yang berpotensi meningkatkan kualitas hidup sosial seseorang dan menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Besarnya potensi masyarakat Kabupaten Aceh Utara dalam bidang makanan dan minuman menjadi sebuah kenyataan. Namun sebagian besar dari mereka hanya beroperasi di tingkat lokal dan belum memanfaatkan teknologi pengolahan dan strategi pemasaran yang memadai. Kebersihan dan kesesuaian produk yang dijual juga sering terabaikan, belum lagi sertifikasi halal produk yang terdaftar di BPOM. Sebagai negara yang mayoritas penduduknya menganut agama Islam, permintaan terhadap produk halal pun semakin meningkat. Hal ini menyebabkan meningkatnya permintaan sertifikasi halal terhadap produk tertentu, terutama dari kalangan umat Islam yang ingin memastikan bahwa produk yang mereka konsumsi memenuhi standar halal Islam. Membantu produsen makanan dan produsen produk lainnya dalam memahami dan memenuhi persyaratan sertifikasi halal melalui kegiatan pendampingan dapat menjadi topik yang relevan dan bermanfaat. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pendampingan tersebut antara lain terdapat lebih dari 10 usaha yang terdaftar di wilayah Aceh Utara, mulai dari pedagang makanan dan minuman melengkapi data permohonan, kemudian mengajukan sertifikasi halal dengan surat pernyataan dari pemilik usaha yang dibantu oleh pendamping PPH.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhiana, A., Martina, M., & Ariani, R. (2022). PELATIHAN PEMBUATAN PROMOSI DIGITAL DENGAN TEKNIK FOTO PRODUK KOPI INSTAN PADA WIRAUSAHA MUDA DI ACEH UTARA. BENGAWAN:Jurnal Pengabdian Masyarakat, 02(3).

Idris, S., Novita, N., Sakdiah, H., Ginting, F. W., Mellyzar, M., & Fatwa, I. (2023). Aksi bersih pantai dan edukasi peduli lingkungan di pantai wisata gampoeng geulumpang sulu timue. JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, Dan Edukasi, 2(1), 5–12.

Maduwinarti, A. (2022). PENDAMPINGAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA UMKM MAMIN UNTUK PENINGKATAN KUANTITAS PRODUKSI DI DESA MINGGIRSARI KECAMATAN KANIGORO KABUPATEN BLITAR. ABDI MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional, 02(04), 26–35.

Nasir, M., Hilmi, H., Putri, Y. T., & Dewi, N. (2018). RODUK UNGGULAN DAN IMPLIMENTASINYA DI KABUPATEN ACEH UTARA. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(2), 131–140. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Sopa, S. (2015). Sertifikasi Halal Di Indonesia Pasca Disahkannya Undang-Undang Jaminan Produk Halal. Journal Islamic Social Science, IX, 1–20.

Suci, Y. R. (2013). PERKEMBANGAN UMKM (USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH) DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah Cano Economus, 6(1).

Sup, D. F. A. (2023). Pendampingan Proses Produk Halal (PPH) dalam Program Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) pada Produk Keripik Pare Bunda. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Desa (JPMD), 1(2), 88–99. https://doi.org/10.58401/jpmd.v4i2.969

Syahrir L, Razak, M. R. R., Rasyid, R. E., Syarifuddin, H., Astinah, A., Suleha, & Ahmad, J. (2023). Pendampingan Proses Produk Halal Program Sehati Pelaku Usaha Mikro Dan Kecil Desa Carawali. 05(02), 1–8.

Zahra, I. P., Khoirunnisa, K., Minarti, A., Silviani, E., Yustia, H., & Alfarisi, U. (2021). PENDAMPINGAN DAN PENGEMBANGAN INOVASI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) TOKO KUENAK DI CIPUTAT TIMUR. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

Downloads

Published

2024-06-26

How to Cite

Fatwa, I., & nursada, rahmah. (2024). Pendampingan Proses Produk Halal UMKM di Aceh Utara. PUSAKA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 10–14. https://doi.org/10.62945/pusaka.v1i1.32

Issue

Section

Articles