Sosialisasi Sustainable Development Goals (SDGs) kepada Guru Fisika SMA di Kota Lhokseumawe

Authors

  • Widya Universitas Malikussaleh
  • Riza Andriani Universitas Malikussaleh
  • Muhammad Iqbal Universitas Malikussaleh
  • Dila Trianasari Universitas Malikussaleh
  • Sabila Clara Putri Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.62945/pusaka.v2i1.179

Keywords:

Sustainable development goals, guru fisika, sosialisasi, sekolah menengah atas

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menyosialisasikan Sustainable Development Goals (SDGs) kepada guru Fisika SMA di Kota Lhokseumawe sebagai upaya mengintegrasikan nilai-nilai keberlanjutan dalam pembelajaran. Berdasarkan survei awal, sebagian besar guru memiliki pengetahuan terbatas tentang SDGs dan menghadapi tantangan seperti kurangnya referensi, hambatan teknis, dan beban kurikulum. Pelatihan dirancang secara sistematis, mencakup pengenalan SDGs, hubungan SDGs dengan konsep Fisika, serta strategi penyusunan rencana pembelajaran berbasis SDGs. Hasil monitoring dan evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman guru sebesar 45%, dengan 80% peserta berhasil mengintegrasikan SDGs dalam pembelajaran. Dampak kegiatan juga terlihat pada antusiasme siswa terhadap pembelajaran berbasis isu global. Dengan pengembangan lebih lanjut, seperti penyediaan modul pembelajaran dan pelatihan lanjutan, program ini berpotensi diperluas ke wilayah lain dan mata pelajaran lain untuk mendukung pencapaian SDGs melalui sektor pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asdlori, A. (2023). PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI PILAR PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN: PERAN SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN DALAM IMPLEMENTASI SDGs. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(1), 124. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i1.2530

Khine, M. S., & Liu, Y. (2022). Handbook of Research on Teacher Education: Innovations and Practices in Asia. In Handbook of Research on Teacher Education: Innovations and Practices in Asia. https://doi.org/10.1007/978-981-16-9785-2

Meda, T. (2022). Analisis Potensi RPP Education for Sustainable Development pada Mata Pelajaran Fisika SMA. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(3), 344–352. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.446

Pratiwi, H. Y., Aji, S. D., Hakim, A. R., Sundaygara, C., Gurtin, A., & Hudha, M. N. (2023). E-Module of Physics Science Integrated with Sustainable Development Goals to Enhance Students’ Environmental Literacy. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), 128. https://doi.org/10.20527/jipf.v7i1.6844

Rulandari, N. (2021). Study of Sustainable Development Goals (SDGS) Quality Education in Indonesia in the First Three Years. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 2702–2708. https://doi.org/10.33258/birci.v4i2.1978

Setyorini, N. M., & Asmonah, A. Q. (2023). Pendidikan Sebagai Langkah Awal Mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia. AICCII – Annual International Conference on Islamic and Science Integration 2023, 141–149.

Stevani, A. M., Nugraheni, N., Semarang, U. N., Semarang, K., & Tengah, J. (2024). 2024 Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline Optimalisasi Literasi Digital untuk Mencapai Pendidikan Berkualitas Menuju Sustainable Development Goals ( SDGs ) 2030 2024 Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline. Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline Sustainable, 2(4), 216–222. https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/view/1944/2017

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Widya, Andriani, R., Iqbal, M., Trianasari, D., & Clara Putri, S. (2025). Sosialisasi Sustainable Development Goals (SDGs) kepada Guru Fisika SMA di Kota Lhokseumawe. PUSAKA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 14–20. https://doi.org/10.62945/pusaka.v2i1.179

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.