Sosialisasi Sustainable Development Goals (SDGs) kepada Guru Fisika SMA di Kota Lhokseumawe
DOI:
https://doi.org/10.62945/pusaka.v2i1.179Keywords:
Sustainable development goals, guru fisika, sosialisasi, sekolah menengah atasAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menyosialisasikan Sustainable Development Goals (SDGs) kepada guru Fisika SMA di Kota Lhokseumawe sebagai upaya mengintegrasikan nilai-nilai keberlanjutan dalam pembelajaran. Berdasarkan survei awal, sebagian besar guru memiliki pengetahuan terbatas tentang SDGs dan menghadapi tantangan seperti kurangnya referensi, hambatan teknis, dan beban kurikulum. Pelatihan dirancang secara sistematis, mencakup pengenalan SDGs, hubungan SDGs dengan konsep Fisika, serta strategi penyusunan rencana pembelajaran berbasis SDGs. Hasil monitoring dan evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman guru sebesar 45%, dengan 80% peserta berhasil mengintegrasikan SDGs dalam pembelajaran. Dampak kegiatan juga terlihat pada antusiasme siswa terhadap pembelajaran berbasis isu global. Dengan pengembangan lebih lanjut, seperti penyediaan modul pembelajaran dan pelatihan lanjutan, program ini berpotensi diperluas ke wilayah lain dan mata pelajaran lain untuk mendukung pencapaian SDGs melalui sektor pendidikan.
Downloads
References
Asdlori, A. (2023). PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI PILAR PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN: PERAN SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN DALAM IMPLEMENTASI SDGs. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(1), 124. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i1.2530
Khine, M. S., & Liu, Y. (2022). Handbook of Research on Teacher Education: Innovations and Practices in Asia. In Handbook of Research on Teacher Education: Innovations and Practices in Asia. https://doi.org/10.1007/978-981-16-9785-2
Meda, T. (2022). Analisis Potensi RPP Education for Sustainable Development pada Mata Pelajaran Fisika SMA. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(3), 344–352. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.446
Pratiwi, H. Y., Aji, S. D., Hakim, A. R., Sundaygara, C., Gurtin, A., & Hudha, M. N. (2023). E-Module of Physics Science Integrated with Sustainable Development Goals to Enhance Students’ Environmental Literacy. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), 128. https://doi.org/10.20527/jipf.v7i1.6844
Rulandari, N. (2021). Study of Sustainable Development Goals (SDGS) Quality Education in Indonesia in the First Three Years. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 2702–2708. https://doi.org/10.33258/birci.v4i2.1978
Setyorini, N. M., & Asmonah, A. Q. (2023). Pendidikan Sebagai Langkah Awal Mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia. AICCII – Annual International Conference on Islamic and Science Integration 2023, 141–149.
Stevani, A. M., Nugraheni, N., Semarang, U. N., Semarang, K., & Tengah, J. (2024). 2024 Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline Optimalisasi Literasi Digital untuk Mencapai Pendidikan Berkualitas Menuju Sustainable Development Goals ( SDGs ) 2030 2024 Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline. Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline Sustainable, 2(4), 216–222. https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/view/1944/2017
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Widya, Riza Andriani, Muhammad Iqbal, Dila Trianasari, Sabila Clara Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.