Pelatihan Pembuatan Media Interaktif Berbasis Game-Based Learning Menggunakan Wordwall Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Bagi Guru Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.62945/pusaka.v2i1.177Keywords:
Literasi Digital, Evaluasi Pembelajaran, Media Pembelajaran Interaktif, WordwallAbstract
Literasi digital merupakan keterampilan dasar dalam penggunaan dan produksi media digital, namun sangat disayangkan guru-guru di SMP Negeri 1 Lhokseumawe jarang menggunakan media pembelajaran digital dalam proses belajar mengajar. Guru juga belum mengetahui bahwa ada banyak aplikasi pendukung media pembelajaran interaktif yang dapat diadaptasi untuk diaplikasikan dalam proses belajar mengajar terutama belum tersedia akses belajar dan berlatih secara langsung perihal literasi digital dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif karena minimnya pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran interaktif. Tujuan dari pengabdian ini adalah Memberikan sosialisasi terkait pentingnya literasi digital di lingkungan sekolah dan memberikan pelatihan dalam pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Wordwall secara komperehensif sebagai solusi dari adaptasi dan pembiasaan literasi digital tersebut. Guru akan diberikan berbagai contoh serta kesempatan berdiskusi selama proses pembuatan media pembelajaran tersebut. Berdasarkan solusi tersebut, diharapkan dapat dihasilkan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Wordwall yang tepat guna untuk mendorong peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Adapun metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Participatory Rural Appraisal (PRA), dimana pada kagiatan ini masyarakat berpartisipasi secara aktif dalam keseluruhan proses yang dilaksanakan mulai dari tahap awal sampai tahap akhir yang berupa evaluasi dan penerimaan manfaat bagi masyarakat. Secara keseluruhan, tahapan kegiatan yang dilakukan pada pengabdian yang berupa pelatihan literasi digital guru sekolah melalui pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi wordwall ini terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Hasil pengabdian ini berupa produk media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Wordwall yang dapat meningkatkan kemampuan literasi digital guru
Downloads
References
Amanda, S. (2021). Apa itu Literasi Digital, Prinsip Dasar, Manfaat, dan Contohnya. Diambil kembali dari tirto.id: https://tirto.id/apa-itu-literasi-digital-prinsip-dasar-manfaat-dan-contohnya-gbhL
Ayu Rizki Septiana, & Moh. Hanafi. (2022). Pemantapan Kesiapan Guru dan Pelatihan Literasi Digital pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 380–385. https://doi.org/10.56799/joongki.v1i3.832
Biby, S. dkk. (2023). Sosialisasi Literasi Digital pada Masyarakat Gampong Murong-Aceh Utara. Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 3(2), 90-94. https://doi.org/10.1234/jsmd.v3i2.69
Budiman, I.A. dkk. (2021). Pentingnya Media Aplikasi Android Menggunakan Ispring Suite 9 Pada Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa.
Feriyanto. (2022). Strategi penguatan literasi numerasi matematika bagi peserta didik pada kurikulum merdeka belajar. Jurnal Gammath, 7(2), 86–94.
Fitriani, E. (2020). Peran literasi matematika dalam pembelajaran abad ke-21. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 155–162.
Hidayat, A., Sari, N., & Anggraini, D. (2023). Pentingnya Pelatihan Berkelanjutan bagi Guru dalam Menggunakan Teknologi Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan, 17(1), 89-100.
Hidayati, N. (2023). Desain instrumen asesmen literasi matematika untuk siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 11(2), 99–106.
Kusumaningrum, A., Putri, E., & Rahayu, T. (2022). Kendala dan Solusi dalam Penggunaan Aplikasi Wordwall oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 14(3), 200-210.
Mahmuzah, dkk. (2022). Improving Mathematical Reasoning Ability Students Through Strategy Learning Genius. SERAMBI ILMU: Journal of Scientific Information and Educational Creativity, 23(1), 90-98
Muhsin, A. (2018). Participatory Rural Appraisal (PRA) for Corporate Social Responsibility (CSR). Deepublish.
Muliani, A. dkk. (2021). Pentingnya Peran Literasi Digital bagi Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0 untuk Kemajuan Indonesia. Journal of Education and Technology, 1(2), 87-92. https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/61/58
Ningtiyas, F. A., & Sinaga, N. A. (2022). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray untuk meningkatkan prestasi belajar matematika peserta didik. FRAKTAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 9–15.
Nugraha, T.S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251-262.
Nurhayati, R., Kusuma, D., & Wahyuni, S. (2021). Implementasi Aplikasi Berbasis Teknologi dalam Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(1), 45-56.
Rahmawati, Y. (2021). Kualitas instrumen penilaian dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 112–118.
Sinaga, N.A., & Ningtiyas, F.A. (2022). Implementasi Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Sikap Matematika Siswa. FRAKTAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 16-24.
Sudarsono, A. (2023). Meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 5(2), 77–85.
Suparman. (2020). Penggunaan Teknologi dalam Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 123-134.
Zonita, C. A., & Nofrion, N. (2024). Pemanfaatan Media Kuis Interaktif Berbasis Game Edukasi Kahoot Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X diSMA Negeri 1 Kec Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5300–5305. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13211
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurul Afni Sinaga, Yulia Zahara, Zurra Yusally Aufa, Novilia Junianti Saragih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.