Pelatihan Pembuatan Media Membaca Edukatif Berbasis Do It Yourself (DIY)
DOI:
https://doi.org/10.62945/pusaka.v2i1.721Keywords:
Pelatihan, Pembuatan, Media, Membaca, Edukatif, DIYAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk melatih para Mahasiswa PGMI sebagai calon guru agar dapat membuat media pembelajaran membaca yang edukatif berbasis DIY. DIY dengan kepanjangan Do It Yourself (Lakukan Sendiri) merupakan aktivitas membuat kerajinan tangan dengan barang-barang yang ada di sekitar lingkungan rumah. Kegiatan ini muncul karena adanya keterbatasan bagi mahasiswa dalam mempraktikkan Mata Kuliah Metode Pengembangan Membaca MI sehingga membutuhkan media yang dapat mendukung proses pembelajaran di kelas. Media yang dibuat berasal dari alat dan bahan sederhana. Pelatihan ini melibatkan 11 peserta yang berlangsung selama satu hari. Tahapan kegiatannya meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap monitoring, dan tahap evaluasi. Peserta dilatih untuk berinovasi dan berkreasi dalam membuat media membaca sederhana yang edukatif dan aplikatif bagi para siswa. Hasil kegiatan menunjukkan respon yang sangat positif. Para mahasiswa telah membuat tiga media membaca edukatif yang mudah digunakan dan menyenangkan untuk dipelajari, mulai dari taman abjad, roda eja, hingga silsilah keluarga. Dengan demikian, upaya untuk memfasilitasi proses pembelajaran membaca dapat teratasi dan proses pembelajaran semakin efektif dan efisien. Selain itu, mahasiswa juga semakin terstimulasi untuk menghasilkan media membaca edukatif lainnya guna mendukung keberhasilan proses pembelajarannya kelak.
Downloads
References
Afidah, N., Ma’arif, I. B., & Agustina, U. W. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Pop Up di TPQ At Taqwa Tembelang Jombang. LOYALITAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 71–82. https://doi.org/10.30739/loyalitas.v5i1.1253
Fadilah, L. (2024). Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran DIY (Do It Yourself) pada Mata Pelajaran Fiqih di MI NU Kota Metro. Attractive: Innovative Education Journal, 6(2), 504–514. https://doi.org/https://doi.org/10.51278/aj.v6i2.1235
Hasanah, M., Nirmawati, N., Dewi, N. P. P. A. T., & Marhaeni, N. H. (2023). Peningkatan Literasi Siswa Melalui Pelatihan Pembuatan Majalah Dinding Sebagai Media Komunikasi di SD Negeri Gungan. Room of Civil Society Development, 2(5), 161–169. https://doi.org/10.59110/rcsd.215
Kurniawati, A. B., Nawangsasi, D., & Nopiana, N. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Big Book Bagi Guru PAUD/TK di Kota Bandar Lampung Tahun 2021. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 1(01), 38–44. https://doi.org/10.23960/jpmip.v1i01.56
Laela, N. (2023). Kreativitas Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran IPS di MI Ma’arif NU Ajibarang Kulon. Jurnal Kependidikan, 11(1), 61–77. https://doi.org/10.24090/jk.v11i1.8084
Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275–281. https://doi.org/10.29303/jppm.v4i3.2817
Maryono, M., Kuntarto, E., Sastrawati, E., & Budiono, H. (2022). Pelatihan Pembuatan Bigbook Digital sebagai Media Pembelajaran Membaca di SDN 018/V Kuala Tungkal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2841–2845. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5915
Muktadir, A., Parmadi, B., Djuwita, P., Setiyawati, E., Oksari, E., & Yuharjo, Y. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Ular Tangga Bagi Guru-Guru SDN 57 Kota Bengkulu. Jurnal Abdi Pendidikan, 04(01), 27–34. https://ejournal.unib.ac.id/jap/article/view/30618/13274
Okmayura, F., Herlandy, P. B., Vitriani, V., Novalia, M., & Raja, W. N. (2023). Pelatihan Media Pembelajaran Mengenal Huruf dan Literasi Berbasis Animasi Bagi Guru TK Aisyiyah Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 7(2), 372–378. https://doi.org/10.37859/jpumri.v7i2.6099
Puspitaloka, N., Fauziah, D. N., & Cahyana, Y. (2022). Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Pada Keterampilan Membaca Bahasa Inggris Bagi Guru-Guru SMP. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 1781–1786. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11586
Ratnawati, V., Nurfahrudianto, A., Ningsih, R., Aurora, F. F., & Ugiutami, A. N. (2025). Pelatihan Membuat Media e-Biblioterapi pada Guru Sekolah Dasar Kota Kediri. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 9(1), 78–86. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/ja.v9i1.23693
Sari, A. M., Dewi, U. M., Fanita, F., & Dwiardi, S. B. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Assemblr Edu. Pusaka: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 1–6. https://journal.mgedukasia.or.id/index.php/pusaka/article/view/176/260
Zahara, Y., Sinaga, N. A., Suhaila, R., & Aufa, Z. Y. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif sebagai Upaya Peningkatan Literasi Digital Guru. Pusaka: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 15–21. https://journal.mgedukasia.or.id/index.php/pusaka/article/view/176/260
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Husniah Ramadhani Pulungan, Nikmah Sari Hasibuan, Jumaita Nopriani Lubis, Muhammad Roihan Daulay

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.