Pelatihan Pembuatan Media Membaca Edukatif Berbasis Do It Yourself (DIY)

Authors

  • Husniah Ramadhani Pulungan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
  • Nikmah Sari Hasibuan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
  • Jumaita Nopriani Lubis Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
  • Muhammad Roihan Daulay Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

DOI:

https://doi.org/10.62945/pusaka.v2i1.721

Keywords:

Pelatihan, Pembuatan, Media, Membaca, Edukatif, DIY

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk melatih para Mahasiswa PGMI sebagai calon guru agar dapat membuat media pembelajaran membaca yang edukatif berbasis DIY. DIY dengan kepanjangan Do It Yourself (Lakukan Sendiri) merupakan aktivitas membuat kerajinan tangan dengan barang-barang yang ada di sekitar lingkungan rumah. Kegiatan ini muncul karena adanya keterbatasan bagi mahasiswa dalam mempraktikkan Mata Kuliah Metode Pengembangan Membaca MI sehingga membutuhkan media yang dapat mendukung proses pembelajaran di kelas. Media yang dibuat berasal dari alat dan bahan sederhana. Pelatihan ini melibatkan 11 peserta yang berlangsung selama satu hari. Tahapan kegiatannya meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap monitoring, dan tahap evaluasi. Peserta dilatih untuk berinovasi dan berkreasi dalam membuat media membaca sederhana yang edukatif dan aplikatif bagi para siswa. Hasil kegiatan menunjukkan respon yang sangat positif. Para mahasiswa telah membuat tiga media membaca edukatif yang mudah digunakan dan menyenangkan untuk dipelajari, mulai dari taman abjad, roda eja, hingga silsilah keluarga. Dengan demikian, upaya untuk memfasilitasi proses pembelajaran membaca dapat teratasi dan proses pembelajaran semakin efektif dan efisien. Selain itu, mahasiswa juga semakin terstimulasi untuk menghasilkan media membaca edukatif lainnya guna mendukung keberhasilan proses pembelajarannya kelak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afidah, N., Ma’arif, I. B., & Agustina, U. W. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Pop Up di TPQ At Taqwa Tembelang Jombang. LOYALITAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 71–82. https://doi.org/10.30739/loyalitas.v5i1.1253

Fadilah, L. (2024). Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran DIY (Do It Yourself) pada Mata Pelajaran Fiqih di MI NU Kota Metro. Attractive: Innovative Education Journal, 6(2), 504–514. https://doi.org/https://doi.org/10.51278/aj.v6i2.1235

Hasanah, M., Nirmawati, N., Dewi, N. P. P. A. T., & Marhaeni, N. H. (2023). Peningkatan Literasi Siswa Melalui Pelatihan Pembuatan Majalah Dinding Sebagai Media Komunikasi di SD Negeri Gungan. Room of Civil Society Development, 2(5), 161–169. https://doi.org/10.59110/rcsd.215

Kurniawati, A. B., Nawangsasi, D., & Nopiana, N. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Big Book Bagi Guru PAUD/TK di Kota Bandar Lampung Tahun 2021. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 1(01), 38–44. https://doi.org/10.23960/jpmip.v1i01.56

Laela, N. (2023). Kreativitas Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran IPS di MI Ma’arif NU Ajibarang Kulon. Jurnal Kependidikan, 11(1), 61–77. https://doi.org/10.24090/jk.v11i1.8084

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275–281. https://doi.org/10.29303/jppm.v4i3.2817

Maryono, M., Kuntarto, E., Sastrawati, E., & Budiono, H. (2022). Pelatihan Pembuatan Bigbook Digital sebagai Media Pembelajaran Membaca di SDN 018/V Kuala Tungkal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2841–2845. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5915

Muktadir, A., Parmadi, B., Djuwita, P., Setiyawati, E., Oksari, E., & Yuharjo, Y. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Ular Tangga Bagi Guru-Guru SDN 57 Kota Bengkulu. Jurnal Abdi Pendidikan, 04(01), 27–34. https://ejournal.unib.ac.id/jap/article/view/30618/13274

Okmayura, F., Herlandy, P. B., Vitriani, V., Novalia, M., & Raja, W. N. (2023). Pelatihan Media Pembelajaran Mengenal Huruf dan Literasi Berbasis Animasi Bagi Guru TK Aisyiyah Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 7(2), 372–378. https://doi.org/10.37859/jpumri.v7i2.6099

Puspitaloka, N., Fauziah, D. N., & Cahyana, Y. (2022). Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Pada Keterampilan Membaca Bahasa Inggris Bagi Guru-Guru SMP. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 1781–1786. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11586

Ratnawati, V., Nurfahrudianto, A., Ningsih, R., Aurora, F. F., & Ugiutami, A. N. (2025). Pelatihan Membuat Media e-Biblioterapi pada Guru Sekolah Dasar Kota Kediri. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 9(1), 78–86. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/ja.v9i1.23693

Sari, A. M., Dewi, U. M., Fanita, F., & Dwiardi, S. B. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Assemblr Edu. Pusaka: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 1–6. https://journal.mgedukasia.or.id/index.php/pusaka/article/view/176/260

Zahara, Y., Sinaga, N. A., Suhaila, R., & Aufa, Z. Y. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif sebagai Upaya Peningkatan Literasi Digital Guru. Pusaka: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 15–21. https://journal.mgedukasia.or.id/index.php/pusaka/article/view/176/260

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Pulungan, H. R., Hasibuan, N. S., Lubis, J. N., & Daulay, M. R. (2025). Pelatihan Pembuatan Media Membaca Edukatif Berbasis Do It Yourself (DIY). PUSAKA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.62945/pusaka.v2i1.721

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.