Pemberdayaan Mahasiswa Universitas Malikussaleh Melalui Field Trip untuk Meningkatan Literasi Kemalikussalehan di Desa Beringin Kecamatan Samudera Pasai Kabupaten Aceh Utara
DOI:
https://doi.org/10.62945/pusaka.v1i1.121Keywords:
field trip, literasi, malikussaleh, pilar kemalikussalehanAbstract
Field trip merupakan studi lapangan yang dilakukan mahasiswa untuk melakukan kegiatan belajar diluar kampus. Dalam penelitian ini, mahasiswa melakukan studi otentik mengenai sejarah malikussaleh. Sebagai mahasiswa universitas malikussaleh, mereka dituntut akan pemahaman tentang sejarahnya yang ada. Hal ini menjadi tantangan besar terhadap mahasiswa yang telah lupa akan sejarah. Berdasarkan hal tersebut dilakukan program yang bertujuan terhadap peningkatan literasi kemalikussalehan. Berdasarkan realisasi yang ada, malikussaleh mempunyai lima pilar Kemalikussalehan yaitu religi, akademis, transformative, berwawasan global dan cinta damai dan pilar ini sejalan dengan aspek literasi. Metode kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan 2 tahapan yaitu metode direct instruction dan metode dialog. Kegiatan ini dilakukan di Desa Beringin, di pemakaman dan museum Malikussaleh. Setelah dilakukan kegiatan pemberdayaan ini didapatkan hasil bahwa pembiasaan perilaku yang dilakukan oleh sultan Malik As-Saleh dapat digugu dan ditiru setiap mahasiswa, dengan cara saling menghormati perbedaan, memperluas relasi dan memahami akan hal-hal religi.
Downloads
References
Afrizal, S., Kuntari, S., Setiawan, R., & Legiani, W. H. (2020). Perubahan Sosial Pada Budaya Digital Dalam Pendidikan Karakter Anak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 3(1), 429–436. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/9797
Askana Fikriana, M. . (2023). eBookE-Navigasi Digital Inovasi Teknologi dan Support System Ilmu Keagamaan.
Fitriani, A., Siregar, I., & Ramli, S. (2022). Peran Sultan Malikussaleh Dalam Perkembangan Kerajaan Samudera Pasai 1297-1326M. JEJAK : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 2(1), 11–22. https://doi.org/10.22437/jejak.v2i1.18539
Hadi Arifin, M. (2005). Mutiara dari Pasai. h. 37.
Irmania, E., Trisiana, A., & Salsabila, C. (2021). Upaya mengatasi pengaruh negatif budaya asing terhadap generasi muda di Indonesia. Universitas Slamet Riyadi Surakarta, 23(1), 148–160. http://journals.usm.ac.id/index.php/jdsb
Istiqomah, N., Lisdawati, L., & Adiyono, A. (2023). Reinterpretasi Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Optimalisasi Implementasi dalam Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah. IQRO: Journal of Islamic Education, 6(1), 85–106. https://doi.org/10.24256/iqro.v6i1.4084
Karliani, E., Triyani, T., Hapipah, N., & Mustika, M. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Damai Berbasis Nilai Sosial Spiritual Dalam Mencegah Bullying Relasional. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 116–122. https://doi.org/10.24036/abdi.v5i1.414
Kurdi, S., & Alamudi, I. A. (2023). Relasi Politik Islam Terkait Islam Aceh dan Islam Turki. 5(2), 57–69.
Purnamasari, I., Pendidikan, J., Universitas, S., & Medan, N. (2023). Pengaruh Islam dalam Pembentukan Kerajaan-Kerajaan di Sumatera dan Pantai Utara Jawa. 4(1), 14–20.
Sirry Alvina1, S. S. 2, S. R. Z. M. (2023). Pemberdayaan Pemuda Melalui Pemanfaatan Limbah Kulit Nanas Menjadi Produk Nata De Pina. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi Sosial, 1(1), 21–26.
Ubadah. (2022). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (Konsep, Pendekatan, dan Penerapannya dalam Pembelajaran). iqrapalu@gmail.com
Waluyo, H. (2022). Kontribusi Mahasiswa dalam Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa Pendidikan Sejarah dengan Pojok Baca. Jurnal Pendidikan Sejarah, 1(3), 146–155.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Syarifah Rita Zahara, Sirry Alvina, Maulida Aufa Rofiki Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.