Pemanfaatan Media Handycraft untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara bagi Siswa SD Negeri 10 Muara Batu

Authors

DOI:

https://doi.org/10.62945/pusaka.v2i1.178

Keywords:

Media Handycraft, Keterampilan Berbicara, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui penggunaan media handycraft di SDN 10 Muara Batu. Kegiatan dilaksanakan pada 10 Juni 2024 dengan partisipasi 23 siswa kelas 5. Terdapat tiga sesi utama dalam kegiatan ini: pembukaan, penyampaian materi, dan pelatihan handycraft. Siswa diminta membuat kerajinan tangan yang digunakan sebagai media untuk bercerita. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan dalam kemampuan berbicara dan partisipasi siswa. Evaluasi pada 24 Juni 2024 menunjukkan tingkat kepuasan sebesar 92,36% dari 25 responden, baik siswa maupun guru, yang menilai pelatihan ini efektif. Program ini juga berhasil meningkatkan rasa percaya diri dan kreativitas siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qusaeri, M. A., Khasbulloh, M. W., Wiliyanto, & Khasanah, M. (2023). Pelatihan Handycraft Buket Bunga untuk Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Bhamada Slawi. Pengabdian Masyarakat, 1, 110–115.

Aripi, A., & Rohani, R. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Komunikatif. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(1), 155–170. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i1.1046

Aufa, F. N., Purbasari, I., & Widianto, E. (2020). Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Visualisasi Poster Sederhana. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 86–92. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.5060

Chrisyarani, D. D., & Setiawan, D. A. (2022). Pelatihan dan Pemanfaatan Media Handycraft Untuk Meningkatkan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 50–59.

Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 411–422. https://doi.org/10.58230/27454312.56

Pratiwi, R. A., Wulanda, Zahara, Y., Nabila, E., & Aula, Z. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Spinning Wheel dan Pop Up Book bagi Guru SD Negeri Se-Kecamatan Muara Satu. 4, 262–269.

Puspita Sari, V. D. (2022). Analisis Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Metode Storytelling pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(2), 88–98. https://doi.org/10.24176/jino.v5i2.7718

Sari, A. M., Dewi, U. M., Wulanda, Syafrizal, & Ayunda, D. S. (2023). Introduction to Basic Measurement Tools to Support Science Learning at SD Negeri 9 Dewantara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 2(1), 55–62. https://doi.org/10.55927/jpmb.v2i1.2737

Sarjiyati. (2017). Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa SD Melalui Metode Diskusi Dengan Bantuan Media Audio Visual. Jurnal IDEGURU, 2(2), 13–25.

Suraya, M., & Ana, F. S. (2022). Pelatihan Pembuatan Handycraft di Pondok Pesantren Tarbiaytul Qur’an (PPTQ ) Ar-Rohmah. 2(2), 23–27.

Downloads

Published

2025-07-24

How to Cite

Wulanda, Zahara, Y., Sary Ayunda, D., Furqan, A., Zahrah, M., & Fajriah, W. (2025). Pemanfaatan Media Handycraft untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara bagi Siswa SD Negeri 10 Muara Batu. PUSAKA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.62945/pusaka.v2i1.178

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.