Pemanfaatan Media Handycraft untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara bagi Siswa SD Negeri 10 Muara Batu
DOI:
https://doi.org/10.62945/pusaka.v2i1.178Keywords:
Media Handycraft, Keterampilan Berbicara, Siswa Sekolah DasarAbstract
Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui penggunaan media handycraft di SDN 10 Muara Batu. Kegiatan dilaksanakan pada 10 Juni 2024 dengan partisipasi 23 siswa kelas 5. Terdapat tiga sesi utama dalam kegiatan ini: pembukaan, penyampaian materi, dan pelatihan handycraft. Siswa diminta membuat kerajinan tangan yang digunakan sebagai media untuk bercerita. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan dalam kemampuan berbicara dan partisipasi siswa. Evaluasi pada 24 Juni 2024 menunjukkan tingkat kepuasan sebesar 92,36% dari 25 responden, baik siswa maupun guru, yang menilai pelatihan ini efektif. Program ini juga berhasil meningkatkan rasa percaya diri dan kreativitas siswa.
Downloads
References
Al-Qusaeri, M. A., Khasbulloh, M. W., Wiliyanto, & Khasanah, M. (2023). Pelatihan Handycraft Buket Bunga untuk Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Bhamada Slawi. Pengabdian Masyarakat, 1, 110–115.
Aripi, A., & Rohani, R. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Komunikatif. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(1), 155–170. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i1.1046
Aufa, F. N., Purbasari, I., & Widianto, E. (2020). Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Visualisasi Poster Sederhana. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 86–92. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.5060
Chrisyarani, D. D., & Setiawan, D. A. (2022). Pelatihan dan Pemanfaatan Media Handycraft Untuk Meningkatkan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 50–59.
Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 411–422. https://doi.org/10.58230/27454312.56
Pratiwi, R. A., Wulanda, Zahara, Y., Nabila, E., & Aula, Z. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Spinning Wheel dan Pop Up Book bagi Guru SD Negeri Se-Kecamatan Muara Satu. 4, 262–269.
Puspita Sari, V. D. (2022). Analisis Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Metode Storytelling pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(2), 88–98. https://doi.org/10.24176/jino.v5i2.7718
Sari, A. M., Dewi, U. M., Wulanda, Syafrizal, & Ayunda, D. S. (2023). Introduction to Basic Measurement Tools to Support Science Learning at SD Negeri 9 Dewantara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 2(1), 55–62. https://doi.org/10.55927/jpmb.v2i1.2737
Sarjiyati. (2017). Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa SD Melalui Metode Diskusi Dengan Bantuan Media Audio Visual. Jurnal IDEGURU, 2(2), 13–25.
Suraya, M., & Ana, F. S. (2022). Pelatihan Pembuatan Handycraft di Pondok Pesantren Tarbiaytul Qur’an (PPTQ ) Ar-Rohmah. 2(2), 23–27.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wulanda, Yulia Zahara, Desy Sary Ayunda, Al Furqan, Mutika Zahrah, Winda Fajriah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.