Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif sebagai Upaya Peningkatan Literasi Digital Guru

Authors

  • Yulia Zahara Universitas Malikussaleh
  • Nurul Afni Sinaga Universitas Malikussaleh
  • Rizka Suhaila Universitas Malikussaleh
  • Zurra Yusally Aufa Universitas Malikussaleh

Keywords:

Literasi digital, Media pembelajaran interaktif, Kahoot

Abstract

Literasi digital merupakan keterampilan dasar dalam penggunaan dan produksi media digital, namun sangat disayangkan guru-guru di SMPN 1 Lhokseumawe jarang menggunakan media pembelajaran digital dalam proses belajar mengajar. Guru juga belum mengetahui bahwa ada banyak aplikasi pendukung media pembelajaran interaktif yang dapat diadaptasi untuk diaplikasikan dalam proses belajar mengajar terutama belum tersedia akses belajar dan berlatih secara langsung perihal literasi digital dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif karena minimnya pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran interaktif. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan sosialisasi terkait pentingnya literasi digital di lingkungan sekolah dan memberikan pelatihan dalam pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Kahoot secara komperehensif sebagai solusi dari adaptasi dan pembiasaan literasi digital tersebut. Adapun metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Participatory Rural Appraisal (PRA), dimana pada kagiatan ini guru berpartisipasi secara aktif dalam keseluruhan proses yang dilaksanakan mulai dari tahap awal sampai tahap akhir yang berupa evaluasi dan penerimaan manfaat. Secara keseluruhan, tahapan kegiatan yang dilakukan pada pengabdian yang berupa pelatihan literasi digital guru melalui pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Kahoot ini terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Hasil pengabdian ini berupa produk media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Kahoot yang dapat meningkatkan kemampuan literasi digital guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanda, S. (2021). Apa itu Literasi Digital, Prinsip Dasar, Manfaat, dan Contohnya. Diambil kembali dari tirto.id: https://tirto.id/apa-itu-literasi-digital-prinsip-dasar-manfaat-dan-contohnya-gbhL

Ayu Rizki Septiana, & Moh. Hanafi. (2022). Pemantapan Kesiapan Guru dan Pelatihan Literasi Digital pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Joong-Ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 380–385. https://doi.org/10.56799/joongki.v1i3.832

Biby, S. dkk. (2023). Sosialisasi Literasi Digital pada Masyarakat Gampong Murong-Aceh Utara. Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 3(2), 90-94. https://doi.org/10.1234/jsmd.v3i2.69

Budiman, I.A. dkk. (2021). Pentingnya Media Aplikasi Android Menggunakan Ispring Suite 9 Pada Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa.

Kopcha, Theodore J. “Teachers’ Perceptions of the Barriers to Technology Integration and Practices with Technology under Situated Professional Development.” Computers & Education 59, no. 4 (2012): 1109–1121.

Ningtiyas, F.A dkk. (2024). Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Matematika Pada Guru Sman 1 Dewantara. Estungkara: Jurnal Pengabdian Pendidikan Sejarah, 3(1), 29-36.

Mahmuzah, dkk. (2022). Improving Mathematical Reasoning Ability Students Through Strategy Learning Genius. SERAMBI ILMU: Journal of Scientific Information and Educational Creativity, 23(1), 90-98

Muhsin, A. (2018). Participatory Rural Appraisal (PRA) for Corporate Social Responsibility (CSR). Deepublish.

Muliani, A. dkk. (2021). Pentingnya Peran Literasi Digital bagi Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0 untuk Kemajuan Indonesia. Journal of Education and Technology, 1(2), 87-92. https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/61/58

Nugraha, T.S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251-262.

Rahayu, Restu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Asep Herry Hernawan, and Prihantini Prihantini. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak.” Jurnal Basicedu 6, No. 4 (2022), 6313–6319. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3237

Sinaga, N.A., & Ningtiyas, F.A. (2022). Implementasi Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Sikap Matematika Siswa. FRAKTAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 16-24.

Suryaman, Maman. “Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.” Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi pendidikan Bahasa Indonesia (Oktober 2020), 13-28. https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/13357

Widya, Mice Putri Afriyani, Nurul Fadieny, Dila Trianasari, Geubri Raseukina. “Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Digital untuk Guru sebagai Upaya Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 5 Takengon.” Jurnal ABDIRA 3, No. 4 (Oktober 2023), 12-20. https://www.abdira.org/index.php/abdira/article/view/386

Zonita, C. A., & Nofrion, N. (2024). Pemanfaatan Media Kuis Interaktif Berbasis Game Edukasi Kahoot Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X diSMA Negeri 1 Kec Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5300–5305. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13211

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Zahara, Y., Sinaga, N. A., Suhaila, R., & Aufa, Z. Y. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif sebagai Upaya Peningkatan Literasi Digital Guru. PUSAKA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 15–21. Retrieved from https://journal.mgedukasia.or.id/index.php/pusaka/article/view/176