Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Assemblr Edu
Keywords:
Merdeka belajar, augmented reality, assemblr edu, media pembelajaranAbstract
Kebijakan Merdeka Belajar menekankan metode pengajaran inovatif dan penggunaan teknologi untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif dan berpusat pada siswa. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dan calon guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) menggunakan platform Assemblr EDU. Pelatihan melibatkan 40 peserta, terdiri dari 10 guru SMAN 2 Dewantara dan 30 calon guru (mahasiswa dan alumni) dari FKIP Universitas Malikussaleh. Pelatihan berlangsung selama dua hari di masing-masing lokasi, meliputi sesi teori, demonstrasi, praktik mandiri, dan evaluasi. Peserta mempelajari konsep AR, penggunaan platform Assemblr EDU, dan langkah-langkah pembuatan media pembelajaran berbasis AR. Hasil evaluasi menggunakan kuesioner menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi, dengan skor rata-rata 4,8 (96%) untuk materi pelatihan dan 4,6 (92%) untuk sesi praktik.Kegiatan ini menunjukkan potensi Assemblr EDU sebagai alat efektif dalam mengintegrasikan AR ke dalam pembelajaran. Selain itu, pelatihan ini menyoroti pentingnya penyediaan fasilitas yang memadai dan pelatihan lanjutan untuk mengatasi tantangan teknis. Kegiatan ini mendukung tujuan pendidikan abad ke-21 dengan mendorong integrasi teknologi dalam proses belajar mengajar.
Downloads
References
Agustinus Tangga Daga. 2022. “Penguatan Peran Guru Dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” ELSE (Elementary Scholl Educarion Journal) Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 6(1):1–24.
Ainia, Dela Khoirul. 2020. “MERDEKA BELAJAR DALAM PANDANGAN KI HADJAR DEWANTARA DAN RELEVANSINYA BAGI PENGEMBANAGAN PENDIDIKAN KARAKTER.” Jurnal Filsafat Indonesia 3(3):95–101. doi: 10.23887/jfi.v3i3.24525.
Dunleavy, M. ,. Dede, C. ,. &. Mitchell, R. 2009. “Affordances and Limitations of Immersive Participatory Augmented Reality Simulations for Teaching and Learning. .” Journal of Science Education and Technology 18(1):7–22.
Idris, Syafrizal, Nanda Novita, and Arlin Maya Sari. 2024. “IN HOUSE TRAINING PENGUATAN PRAKTIKUM FISIKA SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR BAGI GURU SMA/SMK DI KOTA LHOKSEUMAWE DAN KABUPATEN ACEH UTARA.” Jurnal Vokasi 8(1):73–79.
Irwansyah. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dengan Menggunakan Platform Assemblr.” Jurnal Teknologi Pendidikan 8(2):45–60.
Macariu, Camelia, Adrian Iftene, and Daniela Gîfu. 2020. “Learn Chemistry with Augmented Reality.” Procedia Computer Science 176:2133–42. doi: 10.1016/j.procs.2020.09.250.
Maulana, Indra, and Hafis Ramadhan Setiawan. 2024. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dengan Berbantuan Platform Assemblr Edu.” JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS 5(01):12–19.
Nafi’ah, Ulfatun, Ari Sapto, Joko Sayono, and Aulia Herdiani. 2022. “Peningkatan Kapasitas Guru Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Untuk Menyelaraskan Pembelajaran Sejarah Dengan Kebutuhan Masa Kini.” Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah 5(1):49–56. doi: 10.17509/historia.v5i1.38950.
Radu, I. 2014. “Augmented Reality in Education: A Meta-Review and Cross-Media Analysis.” Personal and Ubiquitous Computing 18(6):1533–43.
Ramadani, Reski, Ramlawati Ramlawati, and Muhammad Arsyad. 2020. “Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Augmented Reality.” Chemistry Education Review (CER) 3(2):152. doi: 10.26858/cer.v3i2.13766.
Sari, Arlin Maya, Ucia Mahya Dewi, Wulanda, Syafrizal, and Desy Sary Ayunda. 2023. “Introduction to Basic Measurement Tools to Support Science Learning at SD Negeri 9 Dewantara.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari 2(1):55–62. doi: 10.55927/jpmb.v2i1.2737.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arlin Maya Sari, Ucia Mahya Dewi, Fanita, Syabri Bagas Dwiardi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.