Mereduksi Kuantitas Limbah dan Mitigasi Bencana di Bidang Konstruksi

Authors

  • Ruslaini Universitas Iskandar Muda
  • Ella Frisella Universitas Iskandarmuda
  • Amir Mukhlis Universitas Iskandar Muda
  • Cut Riska Universitas Iskandar Muda
  • Zahratul Wara Universitas Iskandar Muda

DOI:

https://doi.org/10.62945/pusaka.v1i1.59

Keywords:

lingkungan, limbah, kebencanaan, konstruksi

Abstract

Urgensi dari program kegiatan ini adalah lokasi mitra terletak di wilayah bencana sehingga berpotensi kembali untuk terkena dampak buruk ketika bencana sedang terjadi. Wilayah yang bencana yang dimaksud adalah bencana gempa dan tsunami, karena berada di pesisir barat dari pantai di Aceh. Hal ini terbukti dengan telah terjadinya gempa besar yang berkekuatan 9,5 SR yang menimbulkan gelombang tsunami yang memporak-porandakan seluruh wilayah sekitarnya dengan korban harta dan jiwa di 15 negara. Kondisi lingkungan mitra juga berpotensi dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang diakibatkan oleh tidak terkelolanya limbah dengan baik. Apabila limbah tersebut tidak dikelola dengan baik, maka akan menambah kerugian berupa terjangkitnya berbagai macam penyakit. Penyakit yang dapat ditimbulkan bila masalah mitra tidak ditangani adalah penyakit tifus, malaria, dan kanker. Berdasarkan masalah yang dihadapi oleh mitra, maka mitra perlu diberikan solusi yang diberikan oleh pelaksana program kegiatan. Tujuan dari program kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan kepada mitra dalam pengelolaan limbah, mengurangi intensitas limbah yang dihadapi mitra untuk tidak memberikan dampak negatif bagi lingkungan, memberikan pengetahuan kebencanaan kepada mitra di bidang konstruksi, dan memberikan tindakan preventif kepada mitra dalam menghadapi bencana di bidang konstruksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ruslaini, Djufri & Rahmatan, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk meningkatkan Tindakan Peduli terhadap Lingkungan di Madrasah Aliyah Negeri Darussalam. Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan. 3 (1). pp. 21-26.

Mukhlis, A. (2020). Studi Kuat Tarik Beton dengan Menggunakan Agregat Kayu Kelas I. Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin. 3 (3). pp. 519-526.

Suwahyono, U. (2017). Panduan Penggunaan Pupuk Organik. Jakarta: Penebar Swadaya.

Downloads

Published

2024-06-26

How to Cite

Ruslaini, Frisella, E., Mukhlis, A., Riska, C., & Wara, Z. (2024). Mereduksi Kuantitas Limbah dan Mitigasi Bencana di Bidang Konstruksi. PUSAKA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.62945/pusaka.v1i1.59

Issue

Section

Articles